Jumat, 04 Oktober 2013

Tidak ada yang INSTAN untuk menuju Kesuksesan

Kata instan menurut hemat saya bisa berarti cepat dan mudah. Cepat untuk di dapatkan dan mudah untuk dicapai. Kata instan menandakan sedikitnya proses yang dilakukan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan.

Terkait dengan yang instan-instan, saat ini begitu banyak seminar-seminar atau buku-buku yang memberikan materi cara sukses secara instan, dengan judul yang begitu provokatif, semisal “cara kaya dalam waktu 7 hari tanpa lelah tanpa gagal” dan masih banyak lagi. Dan kemungkinan akan banyak orang yang menghadiri atau membeli buku yang berjudul seperti ini. Apalagi kemudian acara atau buku tersebut di endorse oleh artis atau motivator terkenal maka orang-orang akan semakin yakin bahwa dengan mengikuti seminar atau membaca buku ini mereka pasti bisa menggapai kekayaan dalam waktu 7 hari.

Singkat cerita telah banyak orang yang mengikuti seminar ini, dan ternyata cara yang dipaparkan oleh seminar atau buku tersebut tidak semudah judul yang tertulis, harus ada proses atau langkah-langkah yang harus dijalani. Ujung-ujungnya sebagian mengeluh, seminarnya Cuma omong kosong, dan keluhan-keluhan lainnya.

Inilah hal yang sering terjadi di sekeliling kita, dimana banyak orang-orang yang ingin sukses ingin kaya dengan instan tanpa proses panjang, tanpa proses lelah dan tanpa proses mengalami kegagalan. Padahal pelajaran terpenting yang kita harus ambil ada pada prosesnya bukan hasilnya. Hasil adalah tujuan akhir, sedangkan proses adalah cara kita di dalam menggapai tujuan tersebut.

Kembali kepada kata instan. Semua orang yang menginginkan segala sesuatunya baik itu kesuksesan maupun kebahagiaan dengan instan seharusnya belajar dari mie instan. Lah kok nyambung ke mie instan?, iya belajarlah dari mie instan, karena mie instan yang katanya bisa dinikmati dengan cara yang instan saja ketika kita ingin menikmatinya harus melewati berbagai macam proses, dari membuka bungkusnya, kemudian memasak air hingga mendidih, mencelupkan mie ke dalam air mendidih, menyiapkan bumbu-bumbunya di piring dan seterusnya sehingga mie instan tersebut selesai dihidangkan dan dinikmati.

Jadi marilah kita berpikir ulang kembali, tidak ada sesuatu yang instan, yang serba cepat lagi mudah. Semua pasti melalui banyak proses. Dan sudah selayaknyalah kita menjalani proses-proses tersebut. Hal yang instan memang mustahil untuk di dapatkan, akan tetapi percepatan di dalam proses bisa kita lakukan dengan cara belajar kepada orang-orang yang telah memiliki pengalaman, dan hal ini akan meminimalisir proses-proses yang panjang menjadi lebih singkat, akan tetapi semua bergantung kepada kita, tergantung seberapa maksimal kita menjalani prosesnya.

Kesimpulannya, kesuksesan dan kebahagiaan dalam hal apapun itu bisa diraih dengan proses, tidak ada yang instan. So mari kita mulai proses menggapai kesuksesan kita, semakin cepat dimulai maka akan semakin cepat kesuksesan bisa kita gapai.


Sekian, Semoga Bermanfaat ,
 -PangeranMenulis-

2 komentar:

  1. Sekali lagi mantabs.
    Saya Makin "kecanduan tulisan ente.
    Bahasa dan cara memaparkan topik uenakkk dibaca.
    Saya menikmati tulisan ini :-)

    #now4tomorrow
    Salam Penulis Sukses Mulia

    BalasHapus
  2. terima kasih pak atas komentarnya..
    komentar pak amin, membuat saya semakin percaya diri untuk terus mengembangkan tulisan saya..

    terima kasih telah menjadi pembaca setia bagi blog saya..

    insya Allah.. kita akan sukses bersama2..

    salam sukses

    BalasHapus

 

Copyright © PangeranMenulis Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger